Tuesday 26 February 2013

Jaringan Tubuh Makhluk Hidup

jaringan tubuh,jaringan tubuh manusia,jaringan tubuh,jaringan tubuh pada manusia,jaringan tubuh makhluk hidup,jaringan tubuh hewan,jaringan tubuh hewan dan tumbuhan,jaringan tubuh pada hewan,jaringan tubuh tumbuhan,jaringan tubuh manusia ppt,pengertian jaringan tubuh
Dalam tubuh makhluk hidup multiseluler terdapat kumpulan sel yang mempunyai fungsi berbeda dan bermacam-macam kumpulan sel atau kelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi  yang sama di sebut jaringan.
Jaringan hewan dan manusia. Pada tubuh manusia dan hewan bersel banyak, terdapat bermacam-macam di antaranya :
  1. Jaringan apitel adalah Jaringan yang melapisi permintaan tubuh atau organ tubuh yang permukaan dalam maupun permukaan luar. Bentuk sel-sel jaringan apitel bemacam-macam, ada yang kubus, pipih dan silinder. Contoh : skua masa, kubat, kelenjar multiseluler, multi selumber, kalumnan, berkensori, dan berkelensus.
  2. Jaringan otot, jaringan ini tersusun ole sel-sel otot. Jaringan otot sersifat lentur, jaringan otot di bedakan atas otot polos (terdapat pada dinding otot-otot diam), otot lunak (terdapat pada rangka) dan alat jantung (terdapat pada dinding jantung). Contoh : serabut otot jantung, serabut otot polos dan serabut otot rangka.
  3. Jaringan syaraf, jaringan ini tersusunatas sel-sel syaraf, setiap sel syaraf terdiri atas badan sel dan serabut saraf, di sebut inilah orang yang menghubung-hubungkan sel saraf satu dengan lainnya.
  4. Jaringan ikat yaitu jaringan yang menghubungkan bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh lainnya.
  5. Jaringan penjokang, penunjang jaringan ini atas jaringan tulang rawan dan jaringan tulang-tulang, tulang rawan berfungsi untuk memberi bentuk tubuh, menguatkan tubuh dan melindungi bagian tubuh yang lemah.
  6. Jaringan lain, antaranya jaringan lemak darah untuk memahami macam-macam jaringan pada hewan dan manusia.

No comments:

Post a Comment