Friday 5 April 2013

Memperkuat Otot Kaki Dengan Olahraga

Memperkuat Otot Kaki,memperkuat otot kaki,memperkuat otot kaki bayi,cara memperkuat otot kaki,latihan memperkuat otot kaki,latihan untuk memperkuat otot kaki,tips memperkuat otot kaki,tips cara memperkuat otot kaki,kumpulan cara memperkuat otot kaki,cara cepat memperkuat otot kakiLangsung aja deh sahabat di sini Ceardo telah merangkum artikel tentang bagaimana cara memperkuat otot kaki melalui olahraga. Pernah melihat petinju profesional berbadan besar berkaki kuat?  Amati dengan seksama sepasang kaki mereka saat bertanding diatas ring dengan fleksibelitas yang luar biasa, kuat dan lincah. Perhatikan pula para petarung seni bela diri campuran, kaki mereka mendapat perhatian khusus yang berguna untuk mendorong, menendang serta mengunci musuh sekuat ular pyton membelit mangsanya. Tahukah anda, bahwa latihan squats-lah salah satu jenis latihan utama yang membuat kaki-kaki mereka kuat seperti itu (Mother of exercise).

Dalam rutinitas hidup menuntut kedua kaki kita untuk bergerak, melompat, berjongok dengan sekaligus menopang keseluruhan tubuh kita. Banyak berjalan pun sudah menjadi latihan paling ringan dari metode Calishtenics. Namun sayangnya banyak dari pegiat olah raga fisik enggan atau malas melatih kaki mereka, karena siapa yang peduli memperhatikan otot kaki yang kuat dan pada akhirnya mereka hanya memutuskan untuk memperbesar tubuh bagian atas saja. Sedikit yang mengetahui bahwa hormon pertumbuhan manusia atau Hormon Growt Human (HGH) dapat dipacu secara optimal jika kita melatih dengan rutin otot kaki kita. Jadi kaki merupakan pondasi dari segala pondasi bagi tubuh anda. Sehingga jika anda melatih otot kaki dengan baik, secara sadar anda juga mempermudah tubuh bagian atas untuk berkembang sesuai dengan latihan pendukungnya. Namun beranikah anda menantang diri anda untuk mendapatkan sepasang kaki yang kuat, proporsional layaknya atlet profesional dengan latihan squats?
Tubuh bagian atas anda akan lebih selaras jika ditopang dengan kedua kaki yang kuat. Maka squats adalah bentuk latihan kaki yang efektif membentuk kaki menjadi kuat, bagian kaki yang biasa kita sebut paha (squadriceps dan hamstring)  terdiri dari banyak susunan serat otot yang menyelimutinya termasuk sampai pada bagian bokong (gluteus maximus). Ini merupakan sasaran target latihan squats kita, dimana otot- otot ini akan mengalami sensasi gerak dan pembentukan yang luar biasa.#

Shoulderstand Squats
Gerakan pertama rebahkan tubuh anda dilantai, lalu angkat kedua kaki anda tegak lurus hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian sangga punggung anda dengan menggunakan kedua tangan hingga membentuk posisi sikap lilin, kuatkan bahu dan punggung bagian atas supaya dapat mengatur dengan baik sudut yang tepat (posisi awalan). Lalu perlahan turunkan kedua kaki dengan menekuk lutut anda hingga hampir menyentuh wajah anda, fokuskan dan beri tekanan pada otot paha.

    1. Pemula : 1 set 10 gerakan
    2. Madya   : 2 set 25 gerakan
    3. Mahir     : 3 set 50 gerakan



JACKKNIFE SQUATS
Cari alat bantu disekitar anda dalam rupa kursi atau apapun yang mempunyai ketinggian sedikit diatas lutut. Berdiri tegak menghadap alat bantu lalu membungkuk dan meletakan kedua telapak tangan diatasnya (posisi awalan). Lakukan gerakan jongkok berdiri dengan kedua telapak tangan tetap pada alat bantu. Kembali keposisi awal. lakukan gerakan dengan pelahan, rasakan sensasi otot kaki anda yang bekerja.

    1. Pemula : 1 set 10 gerakan
    2. Madya  : 2 set 20 gerakan
    3. Mahir    : 3 set 40 gerakan



Full Squats
Gerakan jongkok dilakukan hingga betis dan paha belakang saling sentuh. Tetap gunakan gerakan perlahan,untuk mendapat hasil yang maksimal.

    1. Pemula : 1 set 8 gerakan
    2. Madya  : 2 set 35 gerakan
    3. Mahir   : 3 set 50 gerakan



Close Squats
Secara gerakan menyerupai gerakan full squats, hanya saja rapatkan kedua kaki dan luruskan kedua belah tangan kedepan membentuk sudut 90 drajat dengan tubuh.

    1. Pemula : 1 set 5 gerakan
    2. Madya  : 2 set 10 gerakan
    3. Mahir    : 3 set 20 gerakan



One-Leg Squats
Ini merupakan gerakan yang sulit, sehingga untuk melakukan gerakan ini anda disarankan untuk mencoba variasi yang termudah sebelum memulainya. Baiknya latihan ini dilakukan dengan gerakan perlahan (tidak memanfaatkan momentum gerak). Agar otot pada seluruh kaki anda mendapat tekanan yang maksimal.

    1. Pemula : 1 set 5 gerakan/sisi
    2. Madya  : 2 set 10 gerakan/sisi
    3. Mahir    : 3 set 50 gerakan/sisi


No comments:

Post a Comment