Friday 15 March 2013

Diet Sehat Golongan Darah O Ala Ceardo

diet sehat,diet sehat,diet sehat golongan darah b,diet sehat golongan darah a,diet sehat alami,diet sehat golongan darah o,diet sehat dan cepat,diet sehat ibu menyusui,diet sehat cepat,diet sehat golongan darah ab,diet sehat herbalife
Coba kita sedikit membahas masalah golongan darah O dan kita ambil kesimpulan bagaimana diet sehat yang baik orang bergolongan darah O bersama ceardo berikut ini. Suatu hari salah seorang teman saya menawarkan saya sebuah buku yang bertajuk “Diet Sehat Golongan Darah O” karena ia tahu golongan darah saya O. Saya pun antusias menerima tawaran tersebut karena rasa penasaran dengan karakter darah O sampai-sampai dibuatkan buku khusus diet sehat bagi orang dengan golongan darah tersebut.

Buku ini hanya setebal 108 halaman yang bisa dibaca dalam waktu beberapa jam saja. Tapi buku mungil ini memberikan pengetahuan yang besar mengenai golongan darah O dan diet apa yang tepat bagi pemiliknya.
Berdasarkan buku tersebut, diet sehat ini disesuaikan dengan karakter darah O dan juga frekuensi asupan hariannya berdasarkan faktor keturunan suku bangsa, yaitu keturunan Afrika (berkulit gelap, sebagai nenek moyang manusia bergolongan darah O), Kaukasia (orang kulit putih), dan Asia (berkulit kuning).
Secara umum. golongan darah O itu bersifat seperti pemburu, dengan karakter kuat, percaya diri dan memimpin. Namun tentu, di setiap golongan darah, ada unsur kekuatan, kelemahan dan resiko kesehatan yang ditimbulkannya.
Kekuatan golongan darah O adalah:
  • memiliki saluran pencernaan yang kuat

  • memiliki sistem kekebalan yang kuat

  • memiliki pertahanan alami melawan infeksi

  • sistemnya dirancang untuk melakukan metabolisme dan menyimpan nutrien dengan lebih efisien
Sementara itu, kelemahannya yaitu:
  • sulit menerima makanan dan lingkungan baru

  • sistem kekebalan dapat bereaksi berlebihan dan justru merusak diri sendiri
Dan resiko kesehatan yang umumnya muncul adalah:
  • gangguan pembekuan darah (jika terluka darah sulit membeku)

  • penyakit peradangan, misalnya artritis (biasa disebut rematik)

  • produksi tiroid yang rendah (tiroid adalah salah satu kelenjar endoktrin terbesar yang didapati di bagian depan leher dan berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitifitas tubuh terhadap hormon lainnya)

  • tukak lambung

  • alergi
Melihat karakteristik golongan darah O diatas, maka Dr. Peter J. D’adamo mengemukakan bahwa perlu adanya diet khusus bagi pemilik golongan darah O ini, yang karena rendahnya memproduksi tiroid, sehingga cenderung mudah mengalami kegemukan atau obesitas.
Profil Diet yang tepat adalah dengan mengkonsumsi asupan yang bernilai protein tinggi, seperti daging, ikan, sayur-mayur,buah-buahan.
Asupan makanan yang harus di batasi diantaranya serealia, kacang-kacangan, polong-polongan.
Sementara itu, kunci untuk menurunkan berat badan adalah:
1. Dengan menghindari asupan makanan dan minuman berupa gandum, jagung, kacang navy miju-miju (lentil), kecanbah, produk susu (dairy), kopi.
2. Dengan mengkonsumsi asupan berupa kelp (ganggang laut), makanan hasil laut, daging merah, hati, kale (sejenis kol), bayam, brokoli, minyak zaitun, teh hijau.
Pemilik golongan darah O juga membutuhkan suplemen untuk tubuh mereka. Tujuan penggunaan suplemen ini adalah untuk meningkatkan kekuatan golongan darah O dan memperkuat sistem pertahanan tubuh melawan kelemahan. Untuk itu fokus konsumsi suplemen haruslah:
  • meningkatkan metabolisme

  • meningkatkan aktivitas pembekuan darah (karena rendahnya vitamin K)

  • mencegah peradangan

  • menstabilkan tiroid
Suplemen yang perlu dikonsumsi adalah vitamin B (terdapat pada daging, hati, telur, ikan, kacang berkulit, sayuran hijau berdaun, buah); vitamin K (terdapat pada hati, minyak ikan, kuning telur, sayuran hijau berdaun); Kalsium (terdapat pada ikan sardin dengan tulang, salem kaleng dengan tulang, brokoli, collard); Yodium (makanan hasil laut khususnya ikan air asin, kelp, garam beryodium); Mangan (dengan hati-hati karena terdapat pada polong-polongan yang wajib dibatasi).
Suplemen yang harus dihindari adalah vitamin A (hanya boleh dari sumber ikan air dingin, sayuran daun kuning); vitamin E (hanya boleh dari minyak sayur, hati, kacang berkulit, sayuran hijau berdaun).
Jadi, jika kita melaksanakan diet yang tepat, ternyata kita cukup menghindari asupan makanan dan minuman yang memang tidak tepat bagi golongan darah O, sehingga kita tetap masih bisa menikmati makanan dan minuman yang sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O tersebut.

No comments:

Post a Comment