Thursday 21 March 2013

Beberapa Hal Penting Seputar Kesehatan Tubuh

kesehatan tubuh,kesehatan tubuh,kesehatan tubuh manusia,kesehatan tubuh wanita,kesehatan tubuh kita,kesehatan tubuh anak,kesehatan tubuh pria,kesehatan tubuh wanita terbaru,kesehatan tubuh wikipedia,kesehatan organ tubuh wanita,pidato kesehatan tubuh
Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh kita, karena jika kesehatan kita terganggu sedikit saja pasti itu akan menghambat aktivitas kita. Kadang kita merasa sangat berharganya kesehatan tubuh bila kita sudah menderita sakit. Kita mungkin beranggapan bahwa hari ini kita tidak merasakan sakit, tanpa kita tahu secara pasti kapan sakit tersebut menghentikan aktivitas kita.

Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh atau badan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan keseharian kita. Kesehatan badan  sesungguhnya adalah modal utama kita menjalani hari, semua rutinitas harian kita akan menjadi lengkap dan sempurna bila kita dalam kondisi tubuh yang fiit.

Kesehatan badan adalah kondisi di mana badan dalam keadaan yang fit dan mampu untuk diajak bekerja dan menjalankan semua aktivitas keseharian yang ada. Jika tubuh tidak sehat ataudalam keadaan yang sakit maka kemampuan ini tentunya akan hilang sehingga tubuh atau badan kita tak mampu untuk diajak melakukan aktivitas.

Kesehatan badan ini adalah salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh setiap dari kita. Karena kesehatan inilah yang akan memberikan rasa nyaman dalam melakukan setiap aktivitas.

Sebaliknya jika seseorang tidak dalam keadaan yang sehat yaitu sakit maka akan terjadi banyak hal yang tak diinginkan. Keadaan sakit akan membuatnya lebih susah untuk melakukan aktivitas keseharian. Terlebih ketika rasa sakit yang dirasakan datang mendera, tentunya akan memberikan sebuah perasaan yang tak menyenangkan bagi semua orang.

Tak ada satupun orang yang memiliki keinginan untuk menjadi sakit. Karena kondisi sakit ini memang tidak menyenangkan. Banyak jenis dari sakit ini mulai dari sakit yang rendah dan sederhana sampai sakit yang tingkat tinggi dan masih sulit untuk dicari obat dari rasa sakit tersebut.

Cara untuk mengobati sakit inipun beraneka ragam, mulai dari mencoba untuk minum obat sendiri seperti membeli obat warung sampai harus datang ke dokter karena dirasa bahwa sakit yang dirasakan adalah sakit yang sudah cukup parah.

Dokter kemudian akan melihat dan mendiagnosa bagaimana penyakit yang didera oleh pasien. Kemudian dengan hasil diagnosa ini akan menentukan langkah apa yang akan digunakan untuk mengobati si pasien. Paling banyak yang dilakukan adalah dengan memberikan obat kepada pasien. Atau jika memang penyakit yang dirasakan sudah dalam taraf yang lebih tinggi lagi dan tak bisa untuk hanya diobati dengan minum obat maka yang dilakukan biasanya adalah dengan memberikan rawat inap di dalam rumah sakit kepada pasien.

Ini adalah untuk membuat pasien mengalami treatment penyembuhan yang lebih intensit. Dokter dapat lebih untuk mengawasi pasien dengan lebih mudah dengan melihat perkembangan dari penyakitnya.

Inilah yang akan dirasakan jika seseorang tak memiliki kesehatan. Tentunya adalah sebuah hal yang sangat tidak mengenakan dan tak memberikan rasa nyaman. Karenanya semua orang menginginkan untuk sembuh dan sehat dan tak ada satu pun orang yang menginginkan untuk menjaid sakit.

Memperoleh Kesehatan Tubuh

Menjadi sehat banyak ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari yang sudah rumit sekali dan dengan biaya yang cukup banyak sampai dari hal yangs ederhana dan tak membutuhkan banyak biaya atau bahkan tak membutuhkan biaya sedikitpun.

Berikut ini beberapa hal yang kelihatannya sepele akan tetapi sangat penting dalam memelihara kesehatan badan .

1. Pengen bugar minum air

Tubuh sebagian besar terdiri dari air. Minum air sekurangnya 8 gelas sehari akan sangat bermanfaat besar pada kebugaran tubuh, sebab air akan memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh membantu tubuh mengeluarkan toksin melalui keringat dan urine, peredaran darah membaik sehingga tubuh akan terasa bugar.

Tubuh kita memang memerlukan asupan air yang cukup. Dengan mengkonsumi air yang cukup maka akan memudahkan sistem pencernaan kita. Hal ini akan memberikan pengaruh pada metabolisme tubuh.

Air yang dapat diminum adalah air yang telah matang karena di dalam air yang sudah matang sudah hilang kandungan zat yang berbahaya. Tak ada kuman dan bibit penyakit yang ada di dalamnya.

Menghilangkan kuman dan bibit penyakit ini dapat dilakukan dengan memanskan air sampai suhu tertentu. Karena pada tingkat kepanasan tertentu, kuman dan bibit penyakit ini sudah dapat musnah.

Namun saat ini sudah banyak cara lain yang digunakan untuk dapat memusnahkan bibit penyakit dan kuman ini. tak lagi dengan hanya proses pemanasan. Salah satunya adalah proses penyulingan secara berulang-ulang. Hal ini akan membuat air menjadi lebih bersih dan dapat serta aman untuk dikonsumsi.

2. Perbanyak makan sayuran dan buah

Sayur dan buah sebaiknya selalu ada dalam menu harian kita, kebutuhan akan vitamin dan serat dapat kita peroleh dari mengkonsumsi sayuran dan buah.  Selain itu konsumsi sayuran khususnya sayuran hijau akan mengurangi resiko terkena kanker sebab menurut penelitian para ahli dalam klorofil pada sayuran hijau banyak terkandung magnesium yang baik untuk menangkal kanker.

Tubuh kita juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi dimana kandungan akan hal ini dapat diperoleh dari sayur dan buah. Ada banyak macam sayur dan buah yang ada di sekitar kita. Dan semua sayur dan buah tersebut mengandung mineral dan vitamin yang berbeda yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi sayuran dan buah maka akan memenuhi jumlaha supan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu memang ada banyak manfaat khusus lainnya yang dapat diperoleh dari adanya sayuran dan buah ini.

Misalnya adalah sayuran yang banyak mengandung serat. Maka sayuran berserat ini akan membarikan pengaruh yang baik pada sistem pencernaan. Dan juga akan memudahkan dalam proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Sehingga akan memberikan pengaruh baik pada proses metabolisme tubuh kita sendiri.

3. Latihan dan olah raga rutin

Latihan ringan misalnya lari-lari kecil beberapa menit di sekitar rumah merupakan teknik tepat menjaga kesehatan badan. Apapun jenis kegiatan olah raga yang dipilih asalkan rutin maksimal 2 jam/hari akan memberikan hasil menakjubkan pada tubuh.

Olahraga dnegan gerakan ringan juga dapat memperlancar peredaran darah kita. Selain mengkonsumi makanan yang sudah banyak mengandung zat baik bagi tubuh, melakukan olah raga ini juga diperlukan untuk membuat tubuh menjadi sehat, bugar dan fit.

4. Turunkan berat badan anda

Siapa yang tak ingin bentuk tubuh yang ideal, ternyata berat badan juga dapat mengancam kesehatan badan  anda. Resiko kanker meningkat 20 % pada wanita dan 14 % pada pria akibat obesitas.

Banyak pula penyakit yang dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan. Sebut saja penyakit kolesterol dan penyakit gula. Kebanyakan adalah karena kelebihan berat badan yang dialami oleh seseorang.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan menjaid berat badan ideal. Biasanya orang akan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Diet ditambah dengan banyak berolh raga maka akan membuat berat badan turun sedikti demi sedikit.

Namun cara yang paling baik untuk dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola maka yang dilakukan. Kelebihan berat badan adalah ketika asupan makanan yang diberikan kepada tubuh melebihi dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, harus diatur apa oleh tubuh disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

5. Perhatikan pola makan anda

Asupan makanan yang kita makan sehari-hari perlu diperhatikan, kurangi kebiasaan makan tak sehat misalnya banyak makan gorengan, fast food, atau minuman bersoda hal ini dapat mengancam kesehatan badan  anda.

Ini juga disebut dengan mengatur apa yang dimasukan ke dalam tubuh sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Juga dengan menjaga masuknya zat yang tak baik ke dalam tubuh agar tidak justru memberikan efek yang buruk bagi tubuh itu sendiri.

6. Hindari Stress berkepanjangan

Kesehatan badan  juga dipengaruhi oleh gangguan psikis seperti stress yang kerap muncul akibat himpitan beban pikiran karena pekerjaan, bisnis atau urusan lainnya.  Lakukan kegiatan ekstra yang anda anggap mampu mengusir beban pikiran misalnya mendengarkan musik, bermain video game, bernyanyi dan lain-lain.

Hidup dengan tenang dan mensyukuri apa yang telah ada maka akan dapat memberikan efek yang tenang pula pada hidup yang dijalani. Dengan ini maka akan membuat tubuh lebih mudah untuk menjadi sehat. Banyak orang yang mudah sakit hanya karena ternyata memiliki pikiran yang macam-macam atau bahkan kurang mensyukuri apa yang telah dimiliki.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kesehatan badan atau kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!..

No comments:

Post a Comment