Tuesday 12 February 2013

STRUKTUR BUMI

Bumi kita tersusun atas empat lapisan, yaitu lapisan inti dalam, lapisan inti luar, mantel bumi dan kerak bumi. Bumi dilindungi oleh lapisan udara yang menyelubungi bumi yang disebut atmosfer. Atmosfer terdiri atas lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer dan termofer. Bagian terluar atmosfer disebut eksosfer. Pada lapisan eksosfer terdapat lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet.
    struktur bumi,struktur bumi,struktur bumi adalah,struktur bumi dan lain bumi,struktur bumi ppt,struktur bumi dan matahari,struktur bumi pdf,struktur bumi dan gambar,struktur bumi wikipedia,struktur bumi batuan dan mineral,struktur bumi dan kandungannya
  1. Lapisan Inti Dalam : Inti bumi tersusun atas nikel dan besi yang berwujud padat dengan suhu sekitar 4500C, tetapi logam-logam itu tidak meleleh karena berada dalam tekanan yang tinggi, inti bagian dalam bumi memiliki ketebalan 2 740 km.
  2. Lapisan Inti Luar : Lapisan ini merupakan satu-satunya lapisan cair yang tersusun atas nikel dan besi. Lapisan inti luar memiliki ketebalan 2000 kmm dan suhu sekitar 2200 C.
  3. Mantel Bumi : Mantel bumi memiliki ketebalan 2900 km dengan suhu sekitar 3700 C. Lapisan ini paling tebal diantara lapisan bumi lainnya. Lapisan mantel bumi terbentuk dari mineral silikat.
  4. Kerak Bumi : Kerak bumi disebut juga lapisan litosfer. mulai dari tumbuhan, hewan dan manusia. Kerak bumi merupakan lapisan bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan.

No comments:

Post a Comment