Monday 11 February 2013

GAYA GRAVITASI

gaya gravitasi,gaya gravitasi,gaya gravitasi bumi,gaya gravitasi newton,gaya gravitasi bersifat,gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari,gaya gravitasi bulan,gaya gravitasi ditemukan oleh,gaya gravitasi matahari,gaya gravitasi.ppt,gaya gravitasi rumus
Benda-benda diatas bumi dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi atau gaya tarik bumi.. Semua benda diatas permukaan bumi kika dilepas dari ketinggian tertentu akan jatuh kebawah menuju pusat bumi. Arah gerak jatuh kelereng setelah menggelinding diatas meja adalah lantai. Gerak jatuh buah kelapa, buah mangga dan benda lainnya juga selalu menuju kebawah. Pada batu yang dilempar ke atas juga bekerja gaya gravitasi. Pada saat batu bergerak tegak lurus vertikal keatas, gaya gravitasi akan membuat batu tersebut mengalami perlambatan sehingga gerak batu makin lama makin lambat dan pada titik tertinggi, batu tersebut akan berhenti sesaat. Gaya gravitasi inilah yang akhirnya membuat batu jatuh ke bawah. Batu tersebut bergerak ke bawah, makin lama makin cepat karena gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi juga terjadi pada benda-benda langit. Antara benda-benda langit terjadi gaya tarik menarik, misalnya antara bumi dan bulan, dan matahari dan bumi.
Akibat gaya gravitasi bumi
  1. Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda-benda yang ada dibumi tidak terlempar ke angkasa luar.
  2. Gaya gravitasi membuat kita dapat berjalan di atas tanah.
  3. Gaya gravitasi menyebabkan semua orang yang ada di bumi mempunyai sifat berat.
Berat tersebut menyebabkan semua orang yang ada di bumi tetap tertahan. Jika tidak mempunyai berat, tubuh seseorang pun akan melayang-layang diudara.
Astronout didalam pesawat ruang angkasa tidak akan terpengaruh lagi oleh gaya gravitasi bumi. Ketika berada diruang angkasa, tubuh seorang astronout malayang-layang dan akan jungkir balik didalam pesawat luar angkara. Hal ini terjadi karena dia tidak mempunyai berat. keadaan ini menimbulkan masalah dalam melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya makan dan tidur. Makanan harus digiling menjadi pasta dan dimakan dengan sedotan. Cara makan demikian untuk meghindari tumpahnya makanan karena semua benda melayang. Jika tidur, tubuh astronout , diikat dengan sabuk ditempat tidur. Tanpa penahan ini, dia akan melayang dan terbentur dinding kabin pesawat. Jika ingin keluar pesawat, para astronout menggunakan kendaraan khusus.

No comments:

Post a Comment