Saturday 20 July 2013

Beberapa Tips Diet Ampuh Saat Berpuasa

Tips Diet,tips diet,tips diet cepat,tips diet sehat,tips diet alami,tips diet cepat dan sehat,tips diet berkesan,tips diet yang sehat,tips diet ala artis korea,tips diet tanpa olahraga,tips diet seimbang
Hallo sahabat semua ketemu lagi nih dengan Ceardo, kali ini Ceardo akan memberikan beberapa tips tentang diet yang aman bagi kesehatan saat sedang berpuasa, selain beribadah kita juga bisa sambil berdiet ala Ceardo, langsung saja baca nih artikelnya.


Atur menu makan anda
Selalu konsumsi makanan bergizi baik saat sahur ataupun berbuka, meskipun dengan menu yang sederhana, dan yang terpenting mengandung lima unsur gizi iengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Untuk menghindari rasa lapar, makanan yang dianjurkan adalah makanan berserat yang biasanya terdapat pada sayur dan buah. Menu sahur sebaiknya tak terlalu berbumbu tajam atau pedas karena akan membuat cepat lapar.

Saat sahur jangan konsumsi sumber nabati.

Sebaiknya konsumsi daging merah (sapi/kambing) saja. Bagi penderita hipertensi, bisa mengganti daging merah dengan daging putih (ayam, ikan)

Jangan langsung makan besar saat berbuka

Agar lambung tidak kaget jangan langsung menyantap menu utama pada saat berbuka. hal ini dilakukan karena karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk meringankan kerja pencernaan, sehingga kerja lambung tidak menjadi berat pada saat berbuka.

Hindari minuman dingin dan kandungan gula yang tinggi

Jangan minum air dingin atau es ketika berbuka, biasakan berbuka dengan minuman hangat. Perut bisa menjadi kembung apabila minum air dingin karena asam lambung dalam tubuh akan meningkat. Hindari juga berbuka dengan yang manis dengan kandungan gula yang tinggi, Menu pembuka yang manis alami bisa didapatkan dari buah korma dan air sari buah (Juice) karena kandungan gula pada sari buah dapat menaikan kadar gula dengan cepat, namun tidak merangsang produksi insulin seperti pada minuman dengan kandungan gula tambahan (sirup, teh manis, atau kolak).

Berbukalah dengan minuman hangat.

Minuman dingin akan membuat rasa haus terus menerus, perut kembung, dan menyebabkan lapar di tengah malam.

Olahraga saat puasa

Ada baiknya olahraga tetap dilakukan untuk mendukung program diet anda selama bulan puasa. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah 1 atau 2 jam sebelum berbuka dan hindari melakukan olah raga yang terlalu berat. Sebaiknya buatlah sedikit hidangan berkuah agar porsi minum tak berkurang.

Ritme pola makan

Perubahan waktu makan adalah hal utama yang dirasakan ketika berpuasa. Apabila dalam sehari kita bisa makan besar sebanyak dua kali yaitu makan siang dan malam, selama bulan Ramadhan ini akan terjadi perubahan jam makan yaitu pada waktu sahur dan buka. Pemasukan makanan dan cairan kedalam tubuh juga akan sangat terbatas, disarankan untuk mengkonsumsi menu makanan yang mengandung unsur gizi dan air putih secukupnya untuk tetap fit selama 13 jam berpuasa.

Jangan langsung tidur setelah sahur

Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan, harus ada jeda waktu yang cukup sekitar 30 menit setelah makan sahur. Hal ini dianjurkan untuk menghindari terganggunya proses metabolisme.
Semoga dengan tips diet di atas anda dapat membuat berat badan anda menjadi turun karena cara diet di bulan puasa ini, selamat berpuasa.

No comments:

Post a Comment