Sunday 26 May 2013

Beberapa Manfaat Penting Meditasi Yoga

Meditasi Yoga,meditasi yoga,meditasi yoga mp3,meditasi yoga jakarta,musik meditasi yoga,video meditasi yoga,cara meditasi yoga,meditasi raja yoga,meditasi dan yoga,teknik meditasi yoga,belajar meditasi yoga
Kesehatan adalah salah satu hal terpenting bagi manusia, bayangkan jika kesehatan terganggu baik secara fisik maupun secara mental pasti kondisinya tidak akan sebaik orang normal, dan kali ini Ceardo telah mersng kum artikel tentang meditasi yoga untuk sahabat semua. Yoga, yang sering diidentikkan sebagai olahraga dengan multi manfaat, sebenarnya merupakan praktek kuno yang menekankan pada aspek meditasi. Hal ini bukan hanya mitos atau kepercayaan yang bersifat subjektif, melainkan telah dibuktikan melalui berbagai penelitian serta percobaan ilmiah di seluruh dunia.

Gerakan-gerakan yoga yang bervariasi dan dilakukan sambil mengatur nafas bukanlah sekedar rangkaian kegiatan olahraga, melainkan juga sarana untuk menyelaraskan aktivitas tubuh dan pikiran melalui sebuah kegiatan mental yang teratur. Tanpa menyertakan aspek meditasinya, yoga mungkin masih bisa menjadi sarana olahraga, namun manfaat yang sesungguhnya tidak akan bisa dirasakan secara maksimal. Ada banyak sekali manfaat meditasi yoga, dan pengalaman tiap orang mungkin berbeda-beda. Namun, secara umum, manfaat meditasi yoga dapat digolongkan menjadi tiga macam.

Manfaat yoga,manfaat yoga,manfaat yoga untuk kesehatan,manfaat yoga dan pilates,manfaat yoga bagi kesehatan,manfaat yoga bagi tubuh,manfaat yoga untuk kecantikan,manfaat yoga untuk anak,manfaat yoga untuk ibu hamil,manfaat yoga pilates,manfaat yoga bagi wanita
Manfaat meditasi yoga yang paling jelas terlihat adalah relaksasi serta mengurangi stres. Kita tahu bahwa saat stres, nafas kita menjadi pendek dan denyut jantung kita menjadi lebih cepat. Pengaturan nafas serta denyut jantung saat melakukan yoga memberikan efek menenangkan karena melambatkan denyut jantung dan nafas, serta mengurangi produksi hormon pemicu stres. Di samping itu, bila proses meditasi yoga telah berlangsung selama beberapa saat, kita dapat menyelaraskan tarikan dan hembusan nafas dengan denyut jantung sehingga menghasilkan efek hipnotik yang menenangkan. Selain itu, meditasi yoga juga dapat berimbas positif kepada kesehatan fisik, dengan cara meningkatkan hormon-hormon penunjang kesehatan seperti melatonin.
Akhirnya, meditasi yoga yang dilakukan dengan baik dan rutin dapat membuat kita menjadi orang yang berpikiran lebih positif. Ini karena meditasi yoga membuat otak menghasilkan gelombang Gamma ekstra, yaitu jenis gelombang yang hanya dikeluarkan otak ketika seseorang sedang sangat senang atau merasakan emosi positif lainnya. Pada akhirnya, perasaan positif yang dihasilkan ini dapat membuat kita memandang segala sesuatu dengan cara yang juga lebih positif dan tidak mudah dilanda emosi atau kecemasan, sehingga secara tidak langsung membuat kita menjadi individu-individu yang lebih baik. Tetapi, untuk mendapatkan ketiga hasil tersebut secara maksimal, tentu saja kita harus melakukannya dengan rutin dan sungguh-sungguh, serta tidak ragu-ragu menambah wawasan tentang meditasi yoga itu sendiri.

No comments:

Post a Comment