Saturday 13 April 2013

Ternyata Perubahan pada Kuku Mengindikasikan Sakit Ginjal

Sakit Ginjal,sakit ginjal,sakit ginjal gejala,sakit ginjal kanan,sakit ginjal sebelah kiri,sakit ginjal ciri,sakit ginjal pada anjing,sakit ginjal dan obatnya,sakit ginjal saat hamil,sakit ginjal dan pengobatannya,sakit ginjal ustad danu
Mempunyai kuku cantik memang sudah menjadi dambaan bagi kebanyakan wanita, tapi Ceardo telah menemukan fakta bahwa penyakit ginjal bisa di lihat dari perubahan pada kuku.

Indikasi kondisi kesehatan tertentu dapat dilihat dari perubahan fisik, termasuk kuku. Beberapa masalah kuku yang khas pun dikaitkan dengan penyakit ginjal.
Asosiasi Pasien Ginjal Amerika mengatakan penumpukan produk limbah nitrogen terjadi dalam tubuh pasien dengan penyakit ginjal. Kondisi itu menyebabkan perubahan jari dan kuku.
Kondisi lain seperti kekurangan gizi dan obat-obatan dapat berkontribusi terhadap perubahan pada kuku.  Lantas, apa saja perubahan pada kuku yang dapat mengindikasikan sebuah penyakit?

1. Depresi liner di seluruh kaku
Menurut New Zealand Dermatological Society, salah satu jenis perubahan kuku disebut garis Beau. Garis Beau tampak seperti 'pegunungan' melintang  dan memengaruhi semua kuku. Garis Beau ini merupakan hasil dari suatu penyakit akut yang mengganggu pertumbuhan kuku. Kondisi ini dapat terlihat pada penyakit lain selain penyakit ginjal.

2. Kuku bergerigi
Tipe lain dari perubahan terlihat pada kuku pasien dengan penyakit ginjal adalah koilonikia. Pada koilonikia, kuku yang bergerigi ke tempat kuku agak berbentuk sendok dan cekung. Perubahan ini dikaitkan dengan anemia defisiensi besi, yang terjadi umumnya pada pasien dengan penyakit ginjal.

3. Garis-garis dan bintik putih
Pada leukonikia, kuku memiliki gurat-gurat putih dan berbintik-bintik. Menurut University of Maryland Medical Center, kondisi itu berhubungan dengan penyakit ginjal kronis.

4. Kuku setengah
Perubahan lain yang dapat dilihat pada kuku pasien ini adalah kuku setengah, yang juga dikenal sebagai kuku Lindsay. Dalam kasus ini, bagian tengah atau proksimal kuku berwarna putih. Bagian ujung atau distal kuku berwarna cokelat. Pembengkakan kuku menyebabkan bagian kuku menjadi putih.

5. Kuku rapuh
Kuku rapuh juga umum pada pasien dengan penyakit ginjal dan anemia defisiensi besi, tetapi kondisi itu juga dapat terlihat pada pasien sebagai tanda penuaan.

No comments:

Post a Comment