Thursday 7 March 2013

Beberapa langkah untuk menyehatkan badan dan otak

menyehatkan badan,menyehatkan badan,cara menyehatkan badan,puasa menyehatkan badan,tips menyehatkan badan,olahraga menyehatkan badan,makanan menyehatkan badan,resep menyehatkan badan,makanan yang menyehatkan badan,cara untuk menyehatkan badan,makanan untuk menyehatkan badan
Pola hidup sehat memang sekarang jarang sekali di terapkan oleh sebagian besar orang. Jika mendengar kata "hidup sehat", Anda pasti membayangkan berat badan ideal, otot yang kuat, sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan jantung yang sehat. Namun tak hanya itu, kesehatan juga berhubungan dengan pikiran. Saat ini semakin berkembang penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mental, seperti Alzheimer, atau gangguan mood lainnya.


Hidup sehat sesungguhnya tidak harus didapatkan dengan cara yang sulit dan mati-matian. Di sini ceardo.blogspot.com memberikan Anda beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk dibiasakan dalam keseharian Anda.
Makan seimbang
Mengawasi makanan kita dengan memberi asupan sayuran dan buah-buahan memberikan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh neurotransmitter dan phytochemical yang menjaga sel-sel kita tetap kuat. Selain itu, otak kita juga membutuhkan protein, asam amino triptofan, dan tirosin untuk membangun bahan-bahan kimia di dalamnya. Makanan yang bisa memenuhi semua ini bisa Anda dapatkan dari produk hewani seperti daging, telur, atau produk susu. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi kacang, biji-bijian, dan gandum utuh. Setelah itu, tambahkan juga lemak sehat yang terdapat dalam ikan, minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, dan walnut yang baik untuk menyehatkan sel otak.
Jaga kesehatan usus
Menjaga usus kita adalah hal yang penting. Karena sistem pencernaan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan dapat mempengaruhi suasana hati kita. Orang yang terkena sindrom iritasi usus misalnya, seringkali merasa cemas dan mood yang labil.
Untuk menjaga agar usus tetap sehat, makanlah makanan yang kaya serat dan air. Tambah juga bakteri baik dalam usus dengan mengonsumsi yogurt dan sayuran mentah. Mengonsumsi suplemen prebiotik seperti bifidobacterium dan acidophilus juga dapat membantu Anda mengelola bakteri baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat.
Kurangi gula
Gula seringkali menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah yang menyebabkan kegemukan dan penyakit diabetes tipe 2. Gula selalu membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mengatur kadar keasaman alkaline, yang nantinya bisa berujung pada osteoporosis. Gula juga dapat menyebabkan peradangan, penyakit kardiovaskular, dan depresi.
Untuk mengurangi asupan gula, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan manis yang kaya akan serat dan nutrisi. Gunakan juga bumbu-bumbu dapur seperti kayu manis dan jahe yang membantu mengatur kadar gula dalam darah.
Kurangi asupan racun
Dalam kehidupan kita sehari-hari, tanpa sadar kita telah banyak mengonsumsi makanan yang mengandung racun. Racun ini bisa berasal dari mana saja, seperti makanan kaleng, minuman botol, atau makanan yang diproses. Sedikitnya terdapat bahan pengawet yang diberikan pada makanan atau minuman dalam kemasa. Untuk menguranginya, tambahkan makanan segar yang Anda dapatkan dari alam. Kurangi makanan-makanan yang diproses dan dijual dalam kemasan.
Berolahraga
Berolahraga tak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga otak kita. Meningkatkan kewaspadaan pada insulin, mengurangi peradangan, dan bertambahnya asupan oksigen dapat meningkatkan daya pikir kita, meredakan stres, dan memperbaiki mood kita. Bahkan menurut Dr John Ratey dalam bukunya "Spark", berolahraga juga dapat menyeimbangkan zat kimia dalam otak dan menguatkan konektivitas antara sel dalam otak.

Dengan melakukan lima langkah sederhana itu, ditambah kegiatan yang aktif, Anda akan mendapatkan hidup yang sehat, baik secara fisik maupun mental.

No comments:

Post a Comment